Yuk! Lihat Perkembangan Bahan Felt di Indonesia

  • Home
  • Artikel
  • Yuk! Lihat Perkembangan Bahan Felt di Indonesia

Yuk! Lihat Perkembangan Bahan Felt di Indonesia

Bahan felt atau kain flanel merupakan bahan yang dihasilkan dari proses penekanan dengan tenaga panas dan uap. Bahan felt terbuat dari bahan wol dan beberapa bahan lain yang digabung menjadi satu. Memiliki sifat yang halus dan banyak memiliki serat-serat kain. Walaupun serat-serat pada bahn felt ini banyak namun tidak menjadi masalah untuk digunakan sebagai salah satu bahan utama maupun tambahan dalam segala bidang. Berbicara mengenai bahan felt maka di Indonesia sudah bukan hal yang asing lagi. Sejak kemunculannya, bahan felt langsung digunakan oleh beberapa industri besar. Bahkan saat inipun pengusaha kecil menengah seperti UKM semakin banyak yang memanfaatkan bahan felt untuk diproduksi menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual.

Perkembangan Bahan Felt di Industri

Negara Indonesia memiliki banyak industri yang berdiri dan berkembang dengan pesat. Dari sekian banyak industri yang ada tidak sedikit yang telah memanfaatkan bahan felt untuk menghasilkan produk mereka agar terlihat sempurna. Industri yang telah menggunakan bahan felt adalah industri alat musik. Sebagai penghasil nada yang baik maka bahan felt digunakan untuk alat musik piano, drum, ataupun accordion. Selain industri musik, industri otomotif juga telah lama menggunakan bahan felt sebagai peredam.

Perkembangan Bahan Felt di UKM

Di Indonesia pun keberadaan UKM semakin banyak dan menjajah pasar dengan berbagai jenis produk yang dihasilkan. Beberapa UKM yang ada di Indonesia saat ini ternyata juga memanfaatkan bahan felt. Terlihat bahwa bahan felt masih sangat diperlukan bahkan semakin berkembang. UKM penghasil produk boneka memanfaatkan bahan felt untuk bahan boneka. Ada juga UKM yang menggunakan bahan felt untuk produksi gantungan kunci, gantungan handphone, atau bros.

Menuju Dunia Fashion

Seiring perkembangan zaman terkait dengan dunia fashion tentu akan ada desain baru yang muncul. Perkembangan dunia fashion pun juga memanfaatkan keberadaan bahan felt. Dengan memiliki warna yang beraneka ragam mulai dari yang paling muda hingga warna tua membuat bahan felt dap[at dipadu-padankan dengan bahan yang lain.

Dengan melihat beberapa produksi yang dapat dihasilkan dari bahan felt, terlihat bahan satu ini tidak dapat dilupakan begitu saja. Apalagi ketika industri pengguna bahan felt semakin berkembang maka kebutuhan akan bahan satu ini akan semakin meningkat. Dunia usaha di Indonesia memang semakin baik sehingga bahan felt akan bertahan dalam waktu yang lama.